Senin, 27 April 2015

RPJM USULAN

Posted by Unknown on 01.47 with No comments


PEMBANGUNAN PASAR KAMPUNG BUKIT
KECAMATAN KEBAYAKAN KABUPATEN ACEH TENGAH

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Adapun fungsi pasar yaitu Fungsi Distribusi, Fungsi Pembentukan Harga , Fungsi Promosi. Distribusi pasar berfungsi mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Fungsi Pembentukan Harga Pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar, yaitu kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Fungsi Promosi Pasar merupakan sarana paling tepat untuk ajang promosi. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk, membagikan brosur, membagikan sampel, dan lain-lain.
Pasar tradisional yakni pasar yang dibangun oleh pihak pemerintah, swasta, koperasi, dan swadaya masyarakat. Tempat usahanya dapat berbentuk toko, kios, los, dan tenda yang menyediakan barang-barang konsumsi sehari-hari masyarakat. Pasar tradisional biasanya dikelola oleh pedagang kecil, menengah, dan koperasi. Proses penjualan dan pembelian dilakukan dengan tawar-menawar. Para pengelolanya bermodal kecil.
Pada Kampung Bukit terdapat Pasar Tradisional, yang letaknya cukup strategis yakni bertepatan ditepi jalan. Kondisi lingkungannya juga cukup ramai sehingga banyak masyarakat yang berbelanja ke pasar tersebut. Namun, dengan kondisi yang ada pasar tersebut kurang layak dikatakan sebagai pasar melihat kondisinya tidak adanya tempat yang baik untuk pedagang menjajakan barang dagangannya dan tidak adanya tempat parkir bagi masyarakat yang membawa kendaraan untuk berbelanja sehingga mereka memarkir kendaraan secara sembarangan, hal ini menyebabnkan kemacetan mengingat kondisi jalan yang tidak cukup luas. Selain itu, jarak tempuh dari kampung ke pasar induk yang terlalu jauh.
Berdasarkan permasalahan diatas, pentingnya Pembangunan Pasar di Kampung Bukit menjadi solusi yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Adapun manfaat yang diperoleh dengan pembangunan pasar ini dapat memudahkan masyarakat yang ada di Kampung Bukit dan masyarakat disekitarnya.

Berikut adalah Kondisi Pasar saat ini :









Sedangkan Pembangunan Pasar yang diusulkan adalah Bangunan Pasar dibangun dalam gedung yang berlantai dua, dimana pada lantai 1 difungsikan sebagai pasar ikan dan pada bagian lantai 2 difungsikan sebagai pasar sayuran.

Berikut ini adalah bangunan pasar yang diusulkan :
Tampak Depan

Tampak Belakang

Tampak Samping Kiri

Tampak Samping Kanan

Posisi Lantai 1,Pasar Ikan



Download with pdf.




0 komentar:

Posting Komentar