Selasa, 28 April 2015

KISAH REJE ZAINUDDIN

Posted by Unknown on 03.14 with 7 comments


Reje Bukit Terakhir

           Reje/ Raja Bukit merupakan salah satu pemimpin yang berkuasa didataran tinggi tanoh Gayo. Wilayah Kekuasaan Reje Bukit dari perbatasan makam pahlawan sampai blang kejeren, namun bila dari bebesen ke toa, itu merupakan Wilayah Kekuasaan Reje Uyem.Reje Bukit adalah keturunan dari Reje linge- Reje sengeda- Raja mamat- Reje maun- Reje zainudin. Reje Zainuddin merupakan Reje terakhir di gayo dan bupati pertama yang dipilih secara monarki yaitu dengan mengatas namakan keturunan.
            Hal yang tidak diinginkan pun datang, yakni karena adanya G30SPKI, mereka melarikan diri dari takengon ke jakarta karena dituduh melakukan pembantaian. Mulai dari tahun dimana G30SPKI dimulai, mereka berdomisili di jakarta hingga Rejen Bukit Ampon Zainuddin menghembuskan nafas terakhirnya di Jakarta dan dikuburkan pula disana. Setelah itu, baru selama 2 tahun kuburan reje Zainudin di pindahkan ke Takengon.
            Raja Mamat merupakan kakek dari Reje Zainuddin yang memiliki anak perempuan kebanyakan dan hanya Raja Ma'un sendiri yang laki-laki ,pada Reje ma'un juga banyak memiliki anak perempuan hanya Reje zainudin seorang yang laki-laki.
            bukti dari keberadaan Reje bukit adalah dengan adanya cap sekureng yang berikan oleh kesultanan aceh,pada saat itu terdapat 9 Raja di Aceh,salah satunya Reje Bukit ini yakini Reje zainuddin.Sebelumnya kekuasaan Reje Bukit di pegang oleh Reje Ma'un belum lama menjadi Raja  ia ditikam setelah selesai sholat jum'at. Lalu kekuasaan sementara di alihkan oleh Reje ilang.
            Reje zainudin  memiliki 4 istri yakin yang berasal dari gayo, padang,Aceh Sigli dan yang terakhir kembali dari gayo lagi. Salah satu peninggalan keluarga Reje Bukit terdapat di asir -asir atas yakni rumah yang arsiktekturnya hampir sama dengan bangunan rumah Reje Bukit yang berada dikebayakan itu merupakan kediaman  istri kedua dari Reje zainuddin.
            Bukti dari keberadaan Raja Bukit masih ada dan disimpan dalam tempat yang dianggap aman, seperti cap sekureng, senjata yang di kukuhkan pada reje bukit yakni bawar dan adapula bukti berupa surat-surat yang berbahasa belanda .
Sarjana pertama dari tanah gayo lulusan UGM (Universitas Gajah Mada) adalah putri dari Reje zainuddin dari istri pertama beliau yang bernama Cut Kesumah yaitu yang bernama Cut Bun Suraini, bila ditanah gayo putri beliau lebih dikenal dengan nama Maryan begitu juga  dengan Raja sendiri di panggil dengan sebutan aman maryan (pangilan untuk reje sebagai ayah ). Cut bun suraini dan merguh tapa adiknya saat ini berdomisili di jakarta . beliau sangat menginspirasi siapa saja termasuk keluarganya sehingga beliau kerap di panggil oleh keluarga sebagai Ibu Pohon Duit karena sifatnya yang dermawan. Hal ini mencerminkan sikaf ayahnya yakni Reje Bukit Zainuddin. Walau kini usia dari Cut bun suraini sudah tidak terbilang muda lagi  namun semangatnya dalam menggali  ilmu tetap melekat pada diri beliau hingga sampai saat ini beliau sangat suka membaca .karena menurut beliau membaca adalah jembatan ilmu.


Gambar. Anak-anak dari Raja Zainuddin
Cut Bun Suraini dan Merguh Tapa




Foto-foto


Gambar.TENGKU AMPON RM.ZAINUDDIN



Makam Keluarga kerajaan Bukit




Gambar. Makam Cut Kamarriah

7 komentar:

  1. Alhamdulillah, walaupun dalam silsilah keturunan redje Zainuddin tidak lengkap, tetapi setidaknya dapat menjadi literatur tentang kampung halaman. (Freddy Fardiansyah, anak ke 5 dari (alm) Drs.Sangsjariefshah,SH. Beliau anak ke 2 dari RM Zainuddin)

    BalasHapus
  2. Salam hormat bang Ongky, sy Andhika anak Dr pak Beong. Mhn koreksi kepada admin atas bacaan kisah reje m. Zainuddin ada beberapa hal yg hrs diralat.

    BalasHapus
  3. Tulisan diatas menyebutkan bahwa reje Muhamad Zainuddin melarikan diri ke Jakarta karena adanya G30S PKI, setelah sy konfirmasi dgn ayah saya yg merupakan anak kandung Dr reje m. Zainuddin menyampaikan bahwa info itu tidak benar... Karena Reje M. Zainuddin hijrah ke Jakarta sebelum adanya G30S PKI dan jelas bukan melarikan diri. Tambahan selanjutnya adalah bahwa makam reje m. Zainuddin bukan dipindah Dr Jakarta ke Takengon baru selama 2 tahun melainkan dipindahnya sekitar beberapa tahun terakhir lalu. Dan sy pun memohon jika ada keluarga keturunan reje m. Zainuddin yg lain mhn dibantu atas koreksi sy tersebut. Marilah kita sama2 membantu dalam menyiarkan sejarah yg sebenar2nya.

    BalasHapus
  4. Hai Ongki..hallo Dika..kenalkan sy imelda..Anak no.2 dr Cut Armiaty..mamaku anak no. 4 dr alm. RM.Zainuddin..semoga kita cucu2 dr Alm. RM. Zaenuddin bisa kumpul lg ya..

    BalasHapus
  5. Hai Ongki..hallo Dika..kenalkan sy imelda..Anak no.2 dr Cut Armiaty..mamaku anak no. 4 dr alm. RM.Zainuddin..semoga kita cucu2 dr Alm. RM. Zaenuddin bisa kumpul lg ya..

    BalasHapus
  6. Bang Ongky dan kak Melda.... Harapan kita semua semoga kebenaran atas sejarah Reje Kejurun bukit bisa kita wariskan kepada anak cucu kelak. Mari bersama2 menggali dan mengkaji atas informasi sejarah yg kita dapatkan.

    BalasHapus
  7. Haii ongky
    Apakah anak zaenuddin dari istri pertama pak zaenuddin ada yg tidak di ketahui

    BalasHapus