Senin, 13 April 2015

MESJID TUA KEBAYAKAN

Posted by Unknown on 03.41 with No comments

MESJID TUA KEBAYAKAN

                     Gambar.Mesjid Tua Kebayakan Tempoe Doeloe      
        Rumah ibadah pertama bagi masyarakat muslim Aceh Tengah, Takengon adalah mesjid yang berada didesa Bukit Kecamatan Kebayakan yang dinamakan Masjid Tue (Masjid Tua). Masjid Tue berdiri pada tahun 1901.Masjid Tua ini dulunya masih beratapkan rumbia yakni daun yang berasal dari daun sagu dan Ijuk yakni daun yang berasal dari pelepah daun kelapa.
       Gambar.Daun Rumbia                                                      Gambar.Ijuk

Menurut riwayat/ cerita, masjid Tue ini adalah masjid pertama yang dibuat dikabupaten Aceh tengah dibawah kepemimpinan Reje (raja) Mamat, dilanjutkan Reje Ma’un, lalu Reje Ilang dan dilanjutkan Reje Bukit terakhir yakni Reje Ampon Zainuddin.

Dahulu, sekemungkinan masyarakat kebayakan melakukan sholat Jumat di Masjid tersebut. Namun demi masa perubahan itu ada sehingga akhir-akhir ini dijadikan sirus sejarah untuk Kabupaten Aceh Tengah. Setelah dijadikannya masjid itu menjadi salah satu situs sejarah lahirlah masjid-masjid lain seperti Masjid Al-Abrar, Masjid Az-Zikra (Lot Kala), Masjid Al-Ikhlas (Pinangan), Masjid Mendale dan Lain-lain.

      Reje Kampung Bukit saat ini, Bapak Gamura Ali Bersah mengatakan “ Kami selaku rakyat Kampung Bukit selalu menjaga dan memelihara mesjid Tue tersebut, karena masyarakat bukit mengingat dari mesjid itu telah banyak telahir kader-kader Da’i yang terbina menjadi generasi Gayo yang kita cintai ini. Kami berharap kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, juga masyarakat Gayo yang ada di Nusantara ini kembali dan khususnya untuk masyarakat Bukit dimanapun berada dan kebayakan pada umumnya dengan ini Reje Kampung Bukit menggugah hati saudara-saudara seagama, seakidah, dan setanah air mohon kiranya membantu apa yang bisa dibantu untuk masjid tua ini. Melihat kondisi mesjid saat ini perlu diadakannya perbaikan  untuk terus dapat mempertahankan keutuhan dari bangunan agar terus dapat dinikmati untuk generasi selanjutnya.


                      
                                                            Gambar.Mesjid Tua Kebayakan





KN-PPM TEAM 10 UGP FT ANGKATAN IV 2015 |http://kampung-bukit.blogspot.com



0 komentar:

Posting Komentar